PENGERTIAN GATEWAY

                     pENGERTIAN gATEWAY
Holla, holla... wellcome back to my Bloggg...
kali ini gua mau ngejelasin tentang pengertian Gateway... yang studinya TKJ, woyyy... wajib tahu lu...

What its Gateway?

Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer lainnya menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.


      Semakin kini semakin ramainya penggunaan Internet, definisi gateway bahkan sering bergeser dari makna sesungguhnya, tidak jarang pula para pemula menyamakan gateway dengan router yang sebenarnya itu sangat keliru. Kadangkala kata gateway digunakan untuk mendeskripsikan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer besar dengan jaringan komputer besar lainnya. Hal ini muncul karena seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer hanya terjadi di tingkat jaringan komputer yang besar. Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu ata lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer yang berbeda sehingga informasi dari jaringan komputer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.
      Istilah gateway merujuk kepada hardware ataupun software yang menjembatani dua aplikasi ata jaringan yang tidak kompatibel, sehingga data dapat dikirim atan komputer yang berbeda-beda. Salah satu contoh penggunaan gateway adalah pada email, sehingga pertukaran pesan email dapat dilakukan pada sistem yang berbeda.
      Host yang digunakan untuk mengalihkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain, juga digunakan untuk melewatkan lalu lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lainnya. Gateway juga dipergunakan untuk menghubungkan duajenis jaringan komputer yang arsitekturnya sama sekali berbeda. So gateway lebih kompleks daripada Bridge. okay
   nahhh, segitu aja deh buat postingan ngebloggg gua dikesempatan kali ini... okay... Thx'z bual lu yang udah baca, salam anak jaringan... geber-geber belesat 5G....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian RB (RouterBoard) Mikrotik

Mengupas Spesifikasi Routerboard Mikrotik Rb 750

Lab 5 Fitur-Fitur Mikrotik Beserta Fungsinya.